Kategori
Bisnis

5 Penyebab Profil BI Checking Jelek, Segera Cek Riwayat Cicilan

Wecome Badasspreneurs di Portal Ini!

Badasspreneurs – Bagi yang ingin mengajukan pinjaman baik itu membeli rumah (KPR) maupun mobil pasti mengenal istilah BI Checking. Jika profil BI Review Anda buruk. Bersiaplah jika pengajuan pinjaman Anda tidak berhasil. 5 Penyebab Profil BI Checking Jelek, Segera Cek Riwayat Cicilan

Alasan melihat profil BI View yang buruk biasanya bermacam-macam, namun umumnya berkisar antara skor 1-5. Semakin tinggi skornya, semakin buruk tampilan profil BI. Jika skor Anda antara 3 dan 5, bank akan menolak permohonan pinjaman Anda.

Berdasarkan situs CIMB Niaga, Audit BI akan menentukan apakah pembayaran kredit tersebut baik atau tidak. Buruk atau buruknya (koleksi) adalah Informasi Historis Debitur Perorangan (IDI). Jokowi Guyur BLT Rp 200 Ribu untuk 18,8 Juta Keluarga, Kemenkeu Ungkap Sumber Dananya

BI Check merupakan salah satu layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID) yang berfungsi sebagai pertukaran informasi kredit nasabah antara bank dan lembaga keuangan.

Di SID, Informasi yang dipertukarkan meliputi identitas debitur; pemilik dan pengurus badan usaha yang menjadi debitur; Ini termasuk jumlah yang diterima dan riwayat angsuran pinjaman, termasuk kredit macet.

Pada saat yang sama, Setiap bank dan lembaga keuangan yang terdaftar di Biro Informasi Perkreditan (BIK) dapat mengakses seluruh informasi terkait SID, termasuk Audit BI. Data nasabah ini dikumpulkan oleh anggota BIK secara berkala dan diberikan kepada BI setiap bulannya yang terintegrasi dalam sistem SID. Di bawah ini adalah alasan profil review BI yang buruk; Artinya, dalam jarak 3 sampai 5 poin.

Skor 5: Kredit macet artinya peminjam tercatat menunggak angsuran pinjaman lebih dari 180 hari.

Skor 4 : Kredit diragukan, artinya debitur tercatat menunggak angsuran pinjaman selama 121-180 hari.

Skor 3: Pinjaman tersebut tidak lancar; Artinya, debitur tercatat menunggak angsuran pinjaman selama 91-120 hari.

Nilai 2: Pinjaman DPK atau saldo tertentu; Artinya utang tersebut dicatat sebagai tunggakan angsuran pinjaman 1-90 hari.

Skor 1: saldo saat ini; Artinya debitur memenuhi kewajiban membayar bunga sebesar bunga bulanan penuh tanpa ada tunggakan.

Sistem Pelayanan Informasi Keuangan (SILK).

Berdasarkan laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), informasi mengenai Audit BI terkait dengan SILK. SLIK merupakan sistem informasi yang dikelola OJK untuk mendukung pelaksanaan tugas pengelolaan dan layanan informasi di bidang keuangan. 5 Penyebab Profil BI Checking Jelek, Segera Cek Riwayat Cicilan

Penerbitan SLIK; manajemen risiko terkait dengan pelaksanaan atau pembiayaan pinjaman; Menilai kualitas utang; pengelolaan sumber daya manusia jurnalis SLIK; SLIK dapat digunakan untuk menjalin kerjasama antara jurnalis SLIK dengan pihak lain serta meningkatkan kedisiplinan di bidang keuangan.

Kreditur dapat meminta informasi debitur kepada OJK atas nama masing-masing kreditur atau kepada Pelapor SLIK yang menyediakan Sistem Pendanaan untuk masing-masing kreditur.

Pemeriksaan SILK dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi langsung kantor OJK setempat. Namun, Dapat juga dilakukan secara online dengan terlebih dahulu mengisi aplikasi Informasi Debitur SLIK melalui halaman pendaftaran SLIK online di situs resmi OJK.