Kategori
Otomotif

Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu

Selamat datang Badasspreneurs di Portal Ini!

JAKARTA – Busi berperan penting dalam menjaga performa kendaraan karena berfungsi sebagai bahan bakar di ruang panas mesin. Tanpa busi, mesin sepeda motor tidak akan hidup. Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu

Penggunaan busi berkualitas tinggi membantu menjaga suhu mesin dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sehingga meningkatkan efisiensi kendaraan.

Sayangnya, kebanyakan orang kurang memperhatikan kualitas businya. Banyak orang khawatir mengenai biaya kualitas percikan itu sendiri.

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengungkapkan, ada beberapa masyarakat yang tertipu saat membeli bola lampu di e-commerce. Pasalnya, banyak orang yang tidak bersalah membeli busi palsu yang bentuknya mirip busi asli dan menjualnya dengan harga lebih murah. Daftar Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta Tahun Muda

“Tim kami melakukan investigasi khusus dan menemukan banyak penjual di e-commerce yang menjual busi palsu. Harganya lebih murah dari produk kami, tapi kualitas sepeda motor lebih cepat menurun,” kata Dico di acara tersebut. Badasspreneurs Automotive mengumumkan kabar tersebut di Tangsel.

Untuk menghindari penjualan busi palsu, Dicko mengatakan ada beberapa cara membedakan busi asli dan palsu.

Cara pertama, bisa dilihat dari urutan angka acak pada busi. Busi NGK asli pasti memiliki kombinasi angka dan huruf yang berbeda-beda, dan setiap busi pun berbeda-beda, ujarnya.

Kedua, dapat dibedakan tanpa memudarkan tulisan pada busi, karena blok NGK asli sangat bening dan tidak luntur. Tulisan pada bunga api palsu kurang terbaca dan pudar.

Cara ketiga cari di bank. Ini salah satu suku cadangnya, dan lampu NGK asli masih dijual suku cadangnya, kata Diko.

“Kalau beli terpisah dari bank, itu bunga api palsu,” imbuhnya.

Cara terakhir terlihat pada simetri energi bumi.

Busi pada busi NGK tersusun dengan baik dan simetris. Busi curang sering kali penempatan elektrodanya salah, ujarnya.

Jelas sekali busi NGK memiliki banyak keunggulan dibandingkan kompetitornya. Perbedaan ini terlihat pada perbedaan tipe/tipe dan material Nikel di MotoDX.

Saat dilakukan pemeriksaan silang, Diko mengatakan perbedaannya terletak pada proses pembuatan lampu NGK yang berasal dari Jepang. Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu

Busi NGK menggunakan serbuk khusus (sealing powder) yang fungsinya untuk memperkuat bentuk lilin dan mencegah kebocoran udara pada ruang bakar.

Selain menggunakan bedak khusus, proses penyegelan rangka logam busi NGK juga mengadopsi metode pendinginan dingin dan menggunakan isolator dari Jepang.

Di sisi lain, mengingat harga lampu NGK yang lebih rendah dibandingkan kompetitor, maka tidak lepas dari efisiensi lampu NGK. Seorang warga Depok ditembak maling hingga terjatuh dari sepeda motornya. Berita tahun ini berjalan seperti ini. Badasspreneurs 11 Februari 2024