Kategori
Edukasi

Menuju USU 500 Universitas Berkelas Dunia, Prof Muryanto: Mengubah Akademik Jadi Lebih Baik

Wecome Badasspreneurs di Situs Kami!

Badasspreneurs – Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si mengucapkan terima kasih kepada seluruh pakar di USU yang telah memajukan program pendidikan (Prodi) menjadi USU 500 Universities of the World (UBD). Tur dimulai pada hari Rabu tanggal 17 Rabu 2024 di Aula Suhadji Hadibroto FEB USU dan akan berakhir pada hari Jumat tanggal 19 Januari 2024 di Aula Lantai 8 DLCB USU. Menuju USU 500 Universitas Berkelas Dunia, Prof Muryanto: Mengubah Akademik Jadi Lebih Baik

Sambutan Rektor inilah yang dilakukan Rektor USU dengan mengundang para pembicara dan pimpinan akademik untuk membahas rencana yang ingin dicapai USU dalam dua tahun ke depan saat ini.

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan usaha yang penting, karena hal ini dapat menentukan keberhasilan dari tujuan yang ingin dicapainya. Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

Oleh karena itu, jika kita mengetahui perusahaan-perusahaan tersebut, kita bisa menciptakan (dan) mencapai apa yang kita inginkan di forum-forum tersebut, kata Prof Muryanto, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 21 Januari 2024.

World University (WCU) menawarkan beragam program studi di USU 500 UBD. Rektor menyampaikan, WCU bukan hanya sekedar dokumen formal tetapi dapat mengubah sikap akademik dan spiritual menjadi lebih baik.

“Mengapa Universitas Dunia tidak hanya menjadi isu? (karena) kita ingin mengubah aura atau pemikiran, lalu mengubah pendidikan kita menjadi lebih baik, dalam pembatasan saat ini, pada diri kita sendiri dan pada institusi kita,” ujarnya. Rektor USU.

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si menyampaikan 3 hal penting terkait rencana USU ke depan, yaitu kegiatan pendidikan, penelitian dan publikasi, serta kegiatan pengembangan.

Di bidang akademik, Rektor USU memperkenalkan Kurikulum OBE sebagai syarat pengakuan internasional. Saat ini, 66% prodi belum memiliki mata kuliah OBE. Oleh karena itu, Kepala Sekolah meminta seluruh program pendidikan mengubah silabusnya menjadi silabus OBE. Rektor juga menyampaikan akan menyetujui pendidikan internasional untuk semua dan melakukan reformasi SN Dikti berdasarkan kewenangan pendidikan yang tertuang dalam keputusan Rektor.

Selain itu, pada bagian Penelitian dan Publikasi, Rektor menyatakan tingkat publikasi internasional USU sebesar 0,8 yang artinya belum mencapai 1 guru per mata pelajaran. Lebih dari 400 dosen belum menerima artikel pilihan SCOPUS.

Menyikapi hal tersebut, universitas menyelenggarakan program penulisan esai dan menawarkan beasiswa kepada dosen yang memperoleh manfaat menulis melalui program EQUITY dan program LIPIHKI. Oleh karena itu, Rektor USU berharap dalam dua tahun satu guru akan mempunyai satu buku.

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos. M.Si juga menyampaikan, untuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), banyaknya penelitian yang dilakukan guru USU sesuai Proyek Penelitian Nasional (PRN) masih menyulitkan USU untuk menerapkan HKI pada produk industri. Oleh karena itu, Rektor USU menyampaikan, PkM hendaknya mempunyai program-program yang dibutuhkan masyarakat berdasarkan situasi dunia usaha dan industri. Menuju USU 500 Universitas Berkelas Dunia, Prof Muryanto: Mengubah Akademik Jadi Lebih Baik

Selain ketiga hal tersebut, Perdana Menteri juga merilis hal penting lainnya pada tahun 2024, yaitu Indikator Utama, proyek digital, perencanaan pembangunan, dan Kelompok Pengembangan Sains dan Teknologi.

Baca artikel pendidikan lainnya di tautan ini. Rektor Unissula Semarang didatangi polisi dan diminta membuat video memuji Jokowi: Saya tidak suka! Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Prof. Dr. Gunarto mengaku didatangi polisi dan mantan penasehatnya di Solo untuk membuat video puji-pujian terhadap Jokowi Badasspreneurs 13 Februari 2024