Kategori
Otomotif

Untung Rugi Membeli Mobil Bekas dengan Cara Kredit di 2024

Wecome Badasspreneurs di Situs Kami!

JAKARTA – Tahun baru mobil baru khususnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 akan digelar pekan depan, banyak pilihan mobil baru bagi konsumen. Untung Rugi Membeli Mobil Bekas dengan Cara Kredit di 2024

Namun tidak semua orang memiliki budget untuk membeli mobil baru. Selain itu, harga mobil baru saat ini sangat tinggi. Ya, banyak orang yang lebih memilih membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru. Bahkan membelinya secara kredit.

Memang membeli kredit mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki mobil namun tidak memiliki cukup uang untuk membelinya secara tunai. Namun bagaimana dengan pro dan kontranya?

Berikut kelebihan dan kekurangan membeli kredit mobil bekas:

1. Keuntungan: IIMS 2024 Digelar Sehari setelah Pemilu, Tak Takut Sepi Pengunjung?

– Lebih terjangkau: Pinjaman memungkinkan Anda membeli mobil dengan uang muka lebih rendah dan pembayaran bulanan lebih mudah dikelola.

– Memiliki mobil lebih cepat: Anda tidak perlu menabung bertahun-tahun untuk membeli mobil.

– Garansi Dealer: Biasanya dealer mobil bekas yang menawarkan pembiayaan pinjaman terlebih dahulu memeriksa dan melakukan servis pada mobil yang dijual.

2. Kekurangan:

– Biaya bunga: Anda harus membayar bunga pinjaman mobil, yang dapat meningkatkan total biaya mobil.

Jangka waktu pinjaman yang panjang: Jangka waktu pinjaman mobil biasanya 5 tahun atau lebih, artinya Anda akan terjebak dengan pembayaran bulanan dalam waktu yang lama.

– Risiko penyitaan: Jika Anda gagal membayar pinjaman mobil, mobil Anda bisa disita.

Apakah lebih baik membeli mobil bekas dengan uang tunai Secara umum, lebih baik membeli mobil bekas dengan uang tunai dibandingkan dengan pinjaman. Berikut beberapa alasannya:

– Lebih hemat: Anda tidak perlu membayar bunga.

– Lebih banyak fleksibilitas: Anda dapat memilih mobil yang Anda inginkan tanpa khawatir dengan pembayaran bulanan.

– Lebih Cepat: Proses pembelian mobil dengan tunai lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman.

Berapa Cicilan yang Tepat untuk Membeli Kredit Mobil Bekas Jika Anda memutuskan untuk membeli kredit mobil bekas, penting untuk memilih cicilan yang sesuai dengan anggaran Anda. Berikut beberapa tipnya: Untung Rugi Membeli Mobil Bekas dengan Cara Kredit di 2024

– Hitung rasio utang terhadap pendapatan Anda. Rasio ini merupakan persentase penghasilan Anda yang digunakan untuk pembayaran utang. Idealnya, rasio ini tidak melebihi 36%.

– Tentukan berapa banyak Anda mampu membayar setiap bulan untuk pembayaran mobil. Pastikan Anda masih memiliki cukup uang untuk kebutuhan Anda yang lain, seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi.

– Bandingkan suku bunga dari beberapa lembaga keuangan. Pilih lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga terendah.

– Misalnya, jika penghasilan bulanan Anda Rp 10 juta, Anda bisa menggunakan kalkulator kredit mobil untuk menghitung berapa cicilan yang sesuai anggaran Anda. Dengan rasio utang terhadap pendapatan 36%, Anda bisa mengalokasikan maksimal Rp 3,6 juta per bulan untuk pembayaran mobil.

Lakukan riset sebelum membeli mobil bekas. Pastikan Anda mengetahui kondisi dan harga mobil tersebut. Beli juga mobil bekas dari dealer terpercaya. Jika penjual bersedia memberikan garansi, hal ini bisa menjadi nilai plus.